Kerennya Mozilla Firefox


Setelah sekian lama tidak menulis karena selalu bingung mau tulis apa, akhirnya kemarin pagi (7/6) terpikir untuk menulis artikel ini. Asal usul terpikir menulis ini adalah karena ketika masuk kantor dan menyalakan komputer lalu membuka aplikasi Mozilla Firefox, terjadi hal yang luar biasa! Tapi sebelum cerita tentang “hal yang luar biasa” (versi saya tentunya, lebay memang), mungkin saya akan cerita singkat perjalanan hidup saya dengan Mozilla Firefox.

Pertama kali saya kenal Firefox mungkin ketika saya belajar tentang internet di SMA. Tapi saya belum terlalu mengenal waktu itu. Lebih tepatnya mengenal keunggulan Firefox dibandingkan browser lainnya. Baru ketika saya kuliah di tingkat 3 (semester 5) dan saya dikasih pinjam netbook oleh orang tua saya, saya baru merasakan apa keunggulan Mozilla Firefox.

Disclaimer: 1. Ini sebagian besar hasil pengalaman pribadi dan bukan hasil copas dari artikel lain; 2. Tapi ini juga bukan berdasarkan hasil riset yang memakai sekian responden, jadi saya tidak bertanggung jawab kalau ternyata hasil pengalaman saya tidak sama dengan pengalaman anda. 

1. Tidak Mudah Crash Dibandingkan Google Chrome

Bahkan, sepanjang saya memakai Firefox, saya tidak pernah mengalami Crash. Berbeda dengan Chrome, browser yang satu ini justru sering mengalami crash ketika saya gunakan di beberapa komputer atau perangkat. Adikku yang anak IT pernah bilang, Firefox memakan ruang yang banyak di harddisk, sedangkan Chrome memakan banyak ram ketika dijalankan. Jadi jika perangkatmu hanya memiliki ram yang kecil, saya sarankan memakai Firefox. Tapi jika ram kamu besar, kemungkinan besar kamu aman memakai Chrome (tidak mengalami crash).

Kesimpulan 1: Mozilla Firefox memakan memori harddisk yang lebih besar dari Google Chrome, tetapi memakai ram lebih sedikit sehingga tidak mudah crash.

2. Blokir Jendela PopUp Malware Otomatis

Mozilla Firefox punya setelan utama (default) blok pop-up windows. Dan ini terbukti. Di komputer kantor saya, di mana komputernya penuh dengan Malware, ketika memakai Chrome, sedikit-sedikit muncul Pop-Up Windows yang isinya berita atau artikel gak jelas. Atau ketika klik suatu link dalam situs normal (disebut “normal” maksudnya bukan situs “free download“) tiba-tiba malah berubah ke situs e-commerce. Dan itu sangat mengesalkan!!!

Tapi ketika saya pakai Firefox di komputer yang sama (komputer penuh malware), saya tidak menemukan fenomena-fenomena di atas. Tidak ada kasus di mana ketika mengeklik suatu link dalam “situs normal” malah tiba-tiba terbuka situs belanja online. Atau muncul pop-up windows dengan artikel porno atau artikel tidak jelas lainnya. Oke, sebenarnya waktu itu pop-up windows malware muncul juga, tapi sangat jarang, intensitasnya kira-kira beberapa hari sekali. Beda dengan ketika memakai Chrome, dalam sehari pemakaian bisa muncul berkali-kali. Dan itu terjadi di komputer penyakitan yang penuh malware-malware ganas. Kalau komputer atau perangkat kamu sehat, in syaa Allah gak akan muncul pop-up spam sama sekali.

Kesimpulan 2: 1. Di dalam perangkat yang penuh malware pun, Firefox aman dan lebih baik dalam mencegah pop-up malware; 2. Tidak berlaku untuk situs “free download“, mau perangkatmu sehat (bebas malware), link dalam situs “free download” pasti penuh jebakan!

3. Tidak Perlu Ketik “www.google.co.id” atau “www.google.com” Dulu untuk Mencari Sesuatu

Jangan salah, bukan hanya Chrome yang bisa langsung browsing di location bar tanpa harus menuju http://www.google.co.id, Firefox pun bisa. Jika kita menjadikan Google sebagai mesin utama pencarian di Firefox kita (ada di pengaturan (option)), maka kata-kata yang kita ketik di location bar, search bar, dan start page bar akan langsung menuju hasil pencarian di google.co.id.

Penjelasan apa itu “location bar“, “search bar“, dan “start page bar“.

4. Menghubungkan Rekam Jejak Melalui Sinkronisasi

Oke, yang ini bukan pengalaman pribadi, karena belum pernah saya coba. Jadi kalau kita buat akun Firefox di komputer atau gawai (istilah Indonesia untuk gadget) kita, ketika kita pakai Firefox di komputer atau gawai orang lain tapi pakai akun Firefox kita, maka kita bisa terhubung dengan bookmark, riwayat, tab, kata sandi, add-on, dan preferensi yang tersimpan di Firefox yang kita pakai sebelumnya. Keren kan!

Sinkronisasi.

5. Dan Inilah Hal yang Luar Biasa…

Poin kelima ini paling abstrak sebenarnya, jadi bisa di-skip aja kalau mau, hehe.. Jadi di komputer kantor yang penuh dengan Malware___di mana setelah pakai AdwCleaner masih gak mempan, bahkan ketika mau instal Malwarebytes komputernya malah nge-hang___browser yang ada di sana, entah itu Chrome ataupun Firefox, start page-nya pasti Trolux, meski sudah diatur berkali-kali di pengaturan agar halaman depannya bukan Trolux.

Nah, setelah saya dapat info dan instalan AdwCleaner dari teman beberapa waktu yang lalu (lupa tepatnya), saya jalankan lah aplikasi tersebut di komputer kantor. Dan seperti yang saya sebut di atas, hasilnya tetap gak ngaruh. Halaman depan Chrome masih Trolux sementara halaman depan Firefox berubah menjadi nicesearches(dot)com (sejenis virus).

Lalu kemarin pagi pas saya buka Firefox, ternyata halaman depannya menjadi http://www.google.co.id bukan lagi nicesearches(dot)com. Padahal komputernya gak pernah saya apa-apakan lagi terkait anti malware dan sejenisnya. Girang lah saya bukan main. Kok bisa ya, sementara halaman depan Chrome-nya masih situs malware. Asumsi pribadi saya mungkin karena setelah Firefox melakukan update, dia menjadi kebal dengan virus nicesearches(dot)com. Entahlah. Bagaimanapun saya bergembira dengan hilangnya nicesearches(dot)com dari halaman depan Firefox di komputer kantor.

Dan inilah, postingan promosi sukarela, tanpa dibayar, atas rasa terima kasih saya kepada kinerja luar biasa Mozilla Firefox yang telah menemani saya browsing beberapa tahun terakhir dan mungkin untuk seterusnya. Makasih juga karena aplikasi Firefox adalah aplikasi gratis! Hehe..

Ringkasan Keunggulan Mozilla Firefox:

  1. Browser Anti Crash;
  2. Browser Anti Malware;
  3. Simpel Browsing;
  4. Sinkronisasi Simpel Antar Perangkat.

Thank You Mozilla Firefox!

Sumber: http://news.softpedia.com/
Iklan

16 pemikiran pada “Kerennya Mozilla Firefox

  1. wew… penggemar firefox ya. kalo aku justru penggemar chrome. entah kenapa lebih cepet aja dan tampilannya lebih kekinian #ceileh. pas baru komen ini laptop aku kayak baru selesai sakit, adb blocked nya baru barfungsi, yeay. jadi sekarang laptop aku udah cepet lagi. terimakasih ya Allah

    Disukai oleh 1 orang

    1. Mungkin karena waktu ane punya netbook, ram netbooknya gak terlalu besar, jadi kalau pakai Chrome suka crash.. Sejak saat itu pakainya Firefox..

      Android ane juga gitu, pas pakai Chrome suka crash, suka keluar tiba2.. Akhirnya di hp juga pakai Firefox, hehe..

      Disukai oleh 1 orang

    1. Udah baca balasan komentar ane ke Dita (Pradita) gak? Ya, kurang lebih ane bakal jawab kayak gitu juga ke ente, haha..

      Kalau ramnya kuat, bebas malware pakai Chrome emang enak.

      Oh iya, btw, ente udah tahu ane udah gak ngajar SD lagi gak Ra?

      Suka

      1. Honorer di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.. Baru sejak awal Maret 2017.. Iya, sebenarnya udah lama ane mau ngabarin ente, cuma lupa terus, hehe.. Soalnya ente termasuk Alam dan Andi dulu udah bantu ane ngasih info2 loker Kehutanan.. Terima kasih banyak ya..

        Suka

    1. Semua ada kekurangan dan ada kelebihan. Tergantung personal sih pada akhirnya.. 😀

      UC browser emang ringan di hp. Tapi alasan saya gak pakai UC browser di hp saya karena suka dapat notifikasi berita gak jelas dari UC browser. Terus karena “ringan”, kadang tampilan website-nya jadi jelek, hihi.. #opinipribadi

      Suka

    1. Kamu mengomentari yg mana? Firefox atau Chrome?

      Tapi mau Firefox atau Chrome, jawabannya iya. Sama, mau di PC ataupun Android. Firefox makan memori harddiks lebih besar, tapi makan ram lebih kecil. Begitu sebaliknya dg Chrome.

      Makanya di hp saya, Chrome juga sering crash..

      Disukai oleh 1 orang

Silahkan tulis pesan dan kesanmu di sini.. :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s