Lirik Hymne Konservasi


Aaargh!! #garuk-garuk tembok

Huft, sedih pas tahu kalau lirik mars hymne konservasi belum bisa ditemukan di mbah google (hingga tanggal 14/9/2014). Kalau memang belum pernah ada yang menuliskannya di web/blog (hingga tanggal 14/9/2014), biarkan lah saya menjadi yang pertama, hehe..

~¥M~

MARS HYMNE KONSERVASI

Kami putra putri kembang merdeka..
Berdiri.. di tengah zaman..
Tunaikan.. panggilan jiwa..
Berkarya.. berbakti..

Di bawah panji.. ibu pertiwi..
Kibar panji bakti.. konservasi..

Kami jelajah.. hutan dan rimba..
Menyapa puspa.. menyapa satwa..
Genggam sayang.. dalam juta tantangan..
Terus melangkah..

Berkarya kami.. sepenuh jiwa..
Berbakti kami.. sepanjang masa..

Konservasi.. KONSERVASI!!

~¥M~

Begitulah lirik mars hymne konservasi, sulit untuk menyanyikannya jika belum pernah mendengar lagunya sebelumnya. Sayang, saya belum punya rekaman suara yang bagus untuk mars hymne konservasi, jadi belum bisa saya share. Kalau saya yang nyanyi mah sumbang dan bakal merusak nada, hehe..

Salam kenal.

Bogor, 15 September 2014 M / 20 Dzul qo’dah 1435 H
Ditulis pada dini hari yang hangat, mengenang Gebyar Himakova 2011 bersama Nepenthes rafflesiana (kshe47)
~Yusuf Muhammad~

Catatan Kaki:
[1] Penyebutan “Mars” diubah menjadi “Hymne” pada masa Gebyar Himakova 2013. Diubah sebab lagunya memang tidak memiliki ketuk yang cepat (selayaknya mars). Tetapi penyebutan “Mars Konservasi” terkadang masih eksis karena sudah telanjur terkenal dan dipakai selama bertahun-tahun terdahulu.

[2] Isi blog ini disunting pada pukul 17:00 WIB (15/9/2014). In syaa Allah rekaman mars hymne konservasi akan di-upload segera (setelah saya punya) pada postingan berikutnya.

Lihat juga:
Yel-yel Nepenthes rafflesiana (KSHE47)

Nepenthes rafflesiana-kshe47
Foto bersama satu angkatan. Nepenthes rafflesiana (kshe47) di depan rektorat IPB pukul 05:42 WIB.
10 pemikiran pada “Lirik Hymne Konservasi

    1. Iya, sepakat.. Sayang saya juga belum tahu siapa yang buat mars itu pertama kali.. Saya diperkenalkan pertama kali saat saya jadi peserta Gebyar Himakova (nama dari Masa Perkenalan Himpunan Profesi DKSHE-Fahutan-IPB) 2011.. 😀

      Suka

  1. Ping-balik: Indonesian Forester » Blog Archive » Lirik Hymne Konservasi

  2. Ping-balik: Yel-yel NR (KSHE47) di Gebyar Himakova 2011 | Muslim Forester

  3. Sebenarnya ini memang Mars konservasi, saya baru dengar kalo ternyata sudah di ubah menjadi Hymne. Untuk ketuk lagu nya dulu ketika saya masih peserta gebyar (Buset itu kapan), pernah dijelaskan bahwa cara menyanyikannya dengan ketukan Mars. jadi menurut pendapat saya, bukan bukan lagu nya yang ketukannya lambat, tapi kita yg salah memasang ketukan ketika menyanyikannya.
    wallahu’alam bishawab

    Disukai oleh 1 orang

  4. Ardi Risnan KSH E 28

    Adik2 yang kucintai, perkenalkan saya KSH E28, saya jadi teringat kembali lagu ini saya ciptakan bersama rekan seniman jakarta aktivis luar kampus namanya mas hani, saya baru bertemu dia lagi pada acara hapka tahun 2015 kebeteluan angkatan saya 28 ngadain acara sendiri di hotel sahira malam sebelum hari H di darmaga, kebetulan salah satu angkatan 28 ada yang masih kontak terus sama mas hanni dan dia undang beliau untuk nyanyi lagu2 lingkungan, saya sdh lama sekali tidak jumpa mas hani dan saat itu saya janjian untuk ketemuan bahas notasi lagu mars konservasi karena yang dinyanyikan adik2 ini seingat saya ada beberapa nada yang salah, tempo nya juga terlalu lambat, kami dulu menyanyikan lagu ini dengan akustik style country pakai gitar, biola dan bas betot serta snare drum dan memenangkan lomba di kampus thn 93/94 saya lupa, waktu itu saya main biola , pemain musik lainnya dari teman2 mas hani di IPJ (ikatan penyanyi jalanan) bogor waktu ikut lomba mengatasnamakan himakova padahal anggota hinakova cuma saya sendiri (dasar fahutan ya..) dulu kami rekam seadanya pakai pita kaset, tapi sdh hilang entah kemana.

    Namun Tuhan sudah berkehendak lain belum sempat saya memenuhi janji dengan mas hani, Tuhan sudah memanggilnya beberapa bulan setelah hapka 2015 karena sakit, mudah2an segala amal baik beliau diterima di sisi Nya.

    InsyaAllah saya akan “melawan lupa” mencoba kembali menata/mengarange lagu ini kembali ke originalnya.
    Dedicared to mas hani semoga tenang di alam sana.

    Salam Konservasi

    Disukai oleh 1 orang

      1. Maaf Pak Ardi, saya baru balas komentar Bapak. Terima kasih banyak Pak sudah memberikan penjelasan yang detail tentang sejarah Mars Konservasi..

        Saya doakan semoga tempo yang salah dalam lagu Mars Konservasi bisa kembali asli di angkatan-angkatan berikutnya.. In syaa Allah saya siap bantu sebar Pak, bila rekaman Mars Konservasi dengan notasi aslinya sudah ada di youtube/soundcloud/media online lainnya..

        Dan semoga Mas Hani diterima semua amal kebaikannya di sisi-Nya, aamiin yaa Rabbal ‘aalamiin..

        Suka

      2. Oh, saya juga baru lihat postingan Bang Cahya di grup FB Himakova. Bang Cahya kirim screenshoot email Bapak ke Bang Cahya tentang penjelasan Bapak terkait Mars Konservasi.. 🙂

        Ada salam dari Pak Haris juga di kolom komentarnya.. “Semoga karyanya menjadi amal jariyah, terus mengalir karena memberi manfaat.”

        Suka

Silahkan tulis pesan dan kesanmu di sini.. :D

