Derry Ferdani Rustanzi dalam Memori Birena


Oleh: Yusuf Muhammad1
1 Ketua Bidang PSDM Birena Al-Hurriyyah IPB 2014

Besarnya nama organisasi tentu tak lepas dari kinerja pengurusnya yang luar biasa. Salah satu pembina Birena inspiratif yang ingin saya ceritakan kali ini adalah Derry Ferdani Rustanzi. Beliau lahir di Majalengka pada tanggal 12 April 1992. Diterima di IPB pada pertengahan tahun 2010 di Departemen Silvikultur Fakultas Kehutanan. Awal karir beliau di Birena dimulai pada tahun 2011 atau pada saat Birena masih termasuk departemen yang ada di LDK Al-Hurriyyah IPB.

Anak-anak
Perkenalan Derry dengan Birena tampaknya tak terlepas dari anak-anak. Derry dikenal sangat mencintai anak-anak, meskipun terkadang tingkah anak-anak yang bandel juga membuatnya kesal. Selama kurang lebih tiga tahun beliau mengurusi anak-anak di Birena. Hanya pada tahun ke-empat beliau sedikit pindah haluan dan mulai mengurus para remaja, meski urusan anak-anak tak 100% juga ia tinggalkan.

Disenangi Sekaligus Disegani
Siapa anak-anak yang tak suka kak Derry atau yang biasa dipanggil kak Dey? Jika ada pertanyaan seperti itu maka saya akan menjawab bahwa hampir semua anak-anak menyukai beliau. Ya, anak-anak senang mendengar beliau bercerita atau bagaimana dengan atraktifnya beliau memimpin gerakan senam Birena. Tapi jangan harap mendapatkan senyuman beliau jika berbuat ulah di depannya. Jika ada anak yang bandel, tak segan-segan beliau akan langsung memarahinya. Dan anehnya, di hadapan Derry, hampir tak ada anak-anak yang tak patuh oleh perintahnya.

Sumbangsih Pembinaan
Sumbangsih Derry dalam hal pembinaan tentu sudah dimulai sejak awal 2011. Selain pembinaan rutin, sumbangsih Derry dalam pembinaan hadir ketika ada perlombaan FAS (Festival Anak Sholeh) yang diadakan Etos pada tahun 2012. Birena saat itu berada di zaman Kabinet Generasi Cerdas Ceria (GCC) yang dinakhodai oleh Agy Wirabudi Pranata. Derry sebagai anggota Bidang Kurikulum dan Kesiswaan saat itu memegang peran penting dalam mengontrol persiapan dan pelaksanaan keikutsertaan Birena di pentas tersebut. Lewat keringatnya, besar pula nama Raka dan Aldan, duo penyair cilik didikan Derry yang telah melanglang buana untuk tampil di berbagai macam acara buatan mahasiswa. Saat ini (2014) beliau juga aktif membina calon-calon penyair lainnya di ekstrakulikuler seni untuk anak SD di Birena.

Orang Tua
Tak hanya anak-anak, Derry pun terkenal di kalangan orang tua adik terutama ibu-ibu. Gayanya yang membumi (menyatu dengan ibu-ibu) dan urang Sunda asli menjadikannya tempat curhatan orang tua adik. Aslinya tak ada arahan dari Birena untuk beliau agar bisa melayani orang tua adik, tapi semua terjadi secara spontan. Bila ada keluhan dari orang tua adik, jika tidak tertujukan kepada kepala sekolah terpilih atau wali kelas, maka (biasanya) pilihannya tak jauh dari beliau. Mungkin tak lain karena intensitas beliau bertatap muka dengan orang tua adik lebih tinggi dibandingkan pembina lainnya. Sayang, penerus beliau dalam hal ini sepertinya belum benar-benar ada. Tapi entah di masa yang akan datang. Semoga. Atau mungkin saya yang belum tahu.

Juru Masak
Meski Derry seorang laki-laki, tapi kemampuannya memasak tak kalah dibandingkan koki-koki yang ada di restoran. Tak salah bila seorang laki-laki pandai memasak, karena kebanyakan koki handal di restoran juga seorang pria. Jika anda seorang gadis, maka jangan sampai kalah kemampuan masak anda dengannya. Masakan Derry telah cukup banyak menyumbangkan rasa kenyang dan syukur di perut pembina maupun adik.

Sastrawan dan Seniman
Selain senang memasak, Derry seorang sastrawan dalam hal pantun dan puisi. Derry juga seorang seniman dalam hal fashion, seni tari, warna, dekorasi, dan tampil sangat bagus jika menjadi MC atau kegiatan olah suara.

Pengatur, Keras Kepala, Pendendam, tapi Ramah dan Simpatik
Tak ada gading yang tak retak, manusia memang tak ada yang sempurna. Sifat pengatur dalam diri Derry sebenarnya bisa menjadi positif, karena tak semua orang mempunyai sifat tersebut. Keras kepala? Ya, hampir semua pembina Birena angkatan 47 mempunyai sifat tersebut. Sebut saja saya (Yusuf Muhammad), Reza, Alam, Dede, Isna, Ai, Deby, dan Ulfah. Sepertinya hanya Rusty dan Nisa yang lebih memiliki sifat mengalah. Sampai saat ini saya juga heran dengan banyaknya orang keras kepala di Birena 47 tapi ukhuwah kita tetap terjaga hingga saat ini dan nanti, aamiin..

Hati-hati dengan Derry, setidaknya jangan sampai membuat ia dendam padamu. Meskipun pendendam, tapi tak diragukan Derry adalah orang yang ramah dan simpatik. Siapa yang tak kenal Derry, orang yang sering membawakan kami makanan bila sepulang ia dari meng-hedon atau jalan-jalannya ke suatu tempat. Beliau juga simpatik, setidaknya rasa simpati terhadap saudaranya melebihi rasa simpati saya. Tapi memang benar, beliau cukup peka pada orang-orang terdekatnya.

Track Record
2011 – Staf Departemen Birena, LDK Al-Hurriyyah IPB
2012 – Staf Bidang Kurikulum & Kesiswaan (KK), Birena Al-Hurriyyah IPB
2013 – Ketua Bidang Fundraising & Property (FP), Birena Al-Hurriyyah IPB
2014 – Staf Bidang PSDM, Birena Al-Hurriyyah IPB

Kata-kata Derry untuk Birena
Sepertinya untuk bagian ini biarlah beliau sendiri yang mengisinya nanti.

 

Akhir kata, tulisan ini murni buatan saya (Yusuf Muhammad) untuk mengenang jasa salah seorang pembina Birena yang in syaa Allah akan segera lulus. Tapi bukan berarti mereka yang tidak tertulis adalah orang yang tidak berjasa. Sangat banyak pembina Birena yang berjasa selama masa pengabdiannya di Birena, hanya saja saya belum sempat untuk menuliskan semuanya. Semoga tulisan ini bisa menginspirasi pembina saat ini ataupun pembina-pembina baru lainnya yang mungkin saja hanya bisa mengenal Derry lewat tulisan ini.

Jika ada keluhan ataupun tanggapan silahkan berikan komentar dengan bahasa yang sopan di kolom komentar. Sekian.

Markaz Al-Biruni
Bogor, 9 Juni 2014

Iklan

6 pemikiran pada “Derry Ferdani Rustanzi dalam Memori Birena

Silahkan tulis pesan dan kesanmu di sini.. :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s