Cincin vs Gelang


“Hah!? Ada apa dengan cincin dan gelang??”

ali_102

Nih, ada sedikit intro..

Cincin vs Gelang
Gambar diambil dari google.com dengan sedikit editan.

Zaman sekarang, cincin dan gelang adalah hal yang “lumrah” dipakai oleh laki-laki. Tapi semua hal yang lumrah menurut sebagian masyarakat belum tentu diperbolehkan oleh Islam. Nah, lalu apa sih pandangan Islam terkait cincin dan gelang bagi laki-laki??

Cincin bagi laki-laki asalkan bukan terbuat dari emas terdapat perbedaan pendapat. Jika untuk kebutuhan hidup/ummat, setahu saya, semua ulama sepakat memperbolehkan (mubah) atau menganjurkannya (sunnah), seperti halnya Rasulullah SAW memakai cincin perak untuk kebutuhan stempel surat. Tapi jika untuk perhiasan, beberapa ulama berbeda pendapat. Ada yang mengatakan mubah, makruh, bahkan haram. Info lebih lengkap cari saja sendiri di google ya..

Berbeda dengan gelang, sampai saat ini saya belum menemukan ulama yang memperbolehkan laki-laki untuk memakai gelang dalam rangka berhias. Gelang baru diperbolehkan bagi laki-laki apabila ada keperluan, seperti halnya yang terjadi bagi jamaah haji Indonesia. Terkait untuk keperluan kesehatan, bahkan ada sebuah hadits yang melarang laki-laki memakai gelang meskipun untuk alasan kesehatan. Info lebih lengkap juga cari saja sendiri di google ya..

Sayangnya laki-laki_khususnya remaja/pemuda_yang memakai gelang seringkali dianggap lebih wajar dibandingkan laki-laki (remaja/pemuda) yang memakai cincin. Dulu saya juga pernah memakai gelang, ketika temanku yang dari Papua memberikan gelang persahabatan. Tapi setelah saya tahu hukumnya, kini gelang tersebut hanya tersimpan dalam kotak “harta karun”.

Lalu mengapa?? Karena biasanya cincin identik dengan “pernikahan” atau “pertunangan”. Cincin sebagai mas kawin ada hukumnya dalam Islam, tapi masalah pertunangan tidak ada. Yang ada hanyalah ta’aruf, khitbah, ‘akad, lalu walimah. Makanya ketika saya memakai cincin banyak orang yang menceletuk, “Yusuf, kamu sudah tunangan ya?”, “Ente nikah ama siapa Sup?”. Bahkan dosen pklp saya pun pernah menanyakan hal tersebut. Beliau berkata, “Yusuf kamu sudah nikah? Kok pakai cincin?” Tak sedikit pula yang merasa aneh atau jijik, “Yusuf, kamu kok pake cincin sih?” Nah, kadang saya berkelakar dengan menjawab, “Biar gak ada wanita yang ngedeketin, hehe..” πŸ˜›

Kalau saya pribadi mengapa memakai cincin memang murni karena alasan berhias. Jika kalian tetap merasa aneh sih itu tak masalah. Hanya saja kadang dunia ini terbalik-balik. Seperti yang sudah diulas di atas, gelang itu diharamkan bagi laki-laki, tapi seringkali dianggap hal biasa di khalayak umum. Cincin selain emas itu boleh dipakai laki-laki, tapi seringkali dianggap hal yang aneh.

Saya yakin salah satu teman laki-laki anda ada yang pakai gelang. Kalaupun tidak ada, setidaknya anda pernah melihat laki-laki yang pakai gelang kan. Dan jika laki-laki tersebut adalah orang yang anda sayangi, sebaiknya tegurlah dengan baik-baik agar berhenti memakai gelang. Tak mempan? Yah, setidaknya anda telah mengingatkan.. πŸ™‚

Akhir kata, “tidak tahu” dengan “tidak mau mencari tahu” itu hal yang sangat berbeda. Allah mengampuni dosa orang yang tidak mengetahui, tapi Allah akan memberi ganjaran bagi orang yang tidak mau cari tahu.

Wallahu a’lam bish-shawwab.

Iklan

15 pemikiran pada “Cincin vs Gelang

    1. Mungkin klo dpt dipakai untuk berhias itulah yang disebut gelang..meskipun ada embel2 utk kesehatan..

      Jam tangan jg melingkar di tangan, tp sptnya tdk bs disebut sbg “gelang”.

      Handban fungsinya buat persendian bukan? Klo fungsinya buat melindungi persendian mungkin tidak apa-apa..

      Entahlah..

      Wallahu a’lam bish-shawwab.

      Suka

  1. Ping-balik: Muslim Forester | Dua Bulan Lagi Anniversary!!

    1. Setelah saya cari tahu seperti apa gelang kokka, ternyata saya berkesimpulan bahwa gelang kokka mengandung kesyirikan.. Dan segala sesuatu yang mengandung kesyirikan adalah haram hukumnya untuk dikenakan..

      Wallahu a’lam bish-shawwab

      Suka

    1. πŸ™ˆ iya nih, dulu-dulu sih rajin ngutip dari berbagai sumber (berasa kayak nulis skripsi, wkwk)..

      Tapi entah kayaknya waktu itu ane lagi setengah niat nulis blognya, hehe..

      Takut berdosa jg nih, nulis artikel yg setengah jadi.. Soalnya sejujurnya ini postingan termasuk yg paling banyak terbuka lewat google search.. (bukan sombong ya, wkwk..) 😝

      Suka

      1. wkwkwkwk, terus terakhirnya ada beginian: (muhammad, 2015) :3

        wkwkwk.
        lah kalau aku top search ku aneh aneeeeh. yang paling aneh minggu ini: “man bun wajah kotak”. opo maksud e ><

        Disukai oleh 1 orang

      2. Kalau ane searching di google sih, “man-bun” itu semacam sebutan bagi pria dengan rambut gondrong yg diikat ke atas..

        Sumpah, ane penasaran, tadi udah nyoba nyari di google search pakai kata kunci itu tapi belum nemu-nemu alamat blog ente..

        Disukai oleh 1 orang

      3. ooooh iya sih pernah nge-post tentang itu hahaha

        mungkin dia searh ga via google. dulu blog ini aku daftarin di beberapa search engine. karena memang sering aku coba klik klik di google search yang berkaitan dengan post-ku itu jarang muncul. huahahah ><

        apalagi headerku ga pake nama asli.

        Disukai oleh 1 orang

Silahkan tulis pesan dan kesanmu di sini.. :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s