Jurnal Januari 2014


Ada banyak agenda penting bagi saya di Januari 2014. Beberapa diantaranya adalah:

1. Gathering Marboth Al-Hurriyyah
Sebenarnya ini terjadi pada tanggal 31 Desember 2013 di saat kebanyakan manusia ber-euforia menyambut tahun baru masehi 2014. Bermula dari rutinitas kumpul bulanan sekaligus syukuran kak Agy Wirabudi Pranata yang kini telah menyelesaikan masa studi S1-nya di IPB. Selain syukuran dengan makan daging kelinci goreng, ada kajian dengan judul “Ghoshob dan Lingkaran Setan” yang dibawakan oleh penulis. Terdapat pula pembacaan “kun-yah(كنية) yang artinya “Julukan” untuk setiap marboth 2014. Dan pastinya sharing kabar-kabar selalu menjadi penutup gathering yang krusial.

2. Ujian Akhir Semester terakhir di S1 IPB
Berisi 3 mata kuliah mayor dan 2 mata kuliah SC. Semoga hasilnya memuaskan, aamiin..

3. Puncak Diklat Calon KPH49 & Birena of the Year (BOY) 2014
Menyedihkan begitu mengetahui bahwa dua acara ini berbarengan. Puncak diklat bertepatan pada tanggal 18-19 Januari 2014, sementara hari-H BOY adalah 19 Januari 2014. Alhamdulillah BOY berlangsung dengan sukses meskipun terdapat beberapa kekurangan (itu pasti). Meskipun tidak bisa datang puncak diklat, semoga saja saya masih bisa datang di Ekspedisi Calon KPH49, aamiin..

Peserta Puncak Diklat Calon KPH47 tampak berpose di salah satu sungai Gn. Putri, Januari 2012. Kiri ke kanan: Doni, Wina, Novi, Eka, Eko,
Peserta Puncak Diklat Calon KPH (Kelompok Pemerhati Herpetofauna) angkatan 47 tampak berpose di sela-sela kegiatan analisis habitat di salah satu sungai Gn. Putri, Januari 2012. Atas (kiri ke kanan): Doni, Wina, Novi, Eka, Mae, Halimah, Dydy. Bawah (kiri ke kanan): Eko, Nuning, saya.
Saman Birena
Tim Saman Birena yang tampak akan tampil di IYC 1434 H, Ahad (30/06/13). Pada BOY 2014, tim saman Birena kembali tampil memesona.

4. Persiapan PKLP 2014
Normalnya, seluruh mahasiswa DKSHE pada semester 8 akan melakukan yang namanya PKLP (Praktek Kerja Lapang Profesi). Meskipun ada teman kami yang tidak PKLP tahun ini dikarenakan syarat akademik yang belum terpenuhi. Lokasi PKLP DKSHE 2014 terdapat di 15 Taman Nasional, 2 Taman Wisata Alam, dan 2 Cagar Alam. Kebetulan kelompok saya dapat lokasi di Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi, Jawa Timur.

Persiapan PKLP sebenarnya sudah dimulai dari sebelum Januari. Dimulai dari menghubungi pihak TN, pembuatan proposal, konsultasi dengan senior, alumni, serta dosen pembimbing, pemesanan tiket kereta pemberangkatan, kuliah pembekalan, upacara pelepasan, persiapan alat-alat, dan lain-lain. In syaa Allah kami akan berangkat tanggal 30 Januari 2014. Semoga selamat sampai tujuan dan bisa menjalani PKLP dengan sebaik-baiknya, aamiin.. 😀

Kelompok PKLP TNAP 2014 tampak berpose setelah upacara pelepasan, Jum'at (24/01). Kiri ke kanan: saya, Nunu, Rini, Bagas, Nadhira, Wina, Fahmi.
Kelompok PKLP TNAP 2014 berpose bersama setelah upacara pelepasan, Jum’at (24/01). Kiri ke kanan: saya, Nunu, Rini, Bagas, Nadhira, Wina, Fahmi.

5. Kelahiran Keponakan Kedua
Nah, ini kejadian yang paling menggembirakan di Januari 2014. Akhirnya kakak saya, Fauza Nurhadiya Fitri melahirkan anaknya yang kedua di Bengkulu. Alhamdulillah, Ummi sudah berangkat ke Bengkulu sejak tanggal 20, sehingga beliau bisa melihat kelahiran cucunya yang kedua. Sampai hari Ahad, (26/01) saya belum tahu kapan tepat adiknya Sarah ini lahir. Namanya juga belum diketahui atau belum ada?? Entah, kak Fauza belum balas sms saya.. 😦

Adiknya Sarah. Namanya masih belum diketahui.
Adiknya Sarah. Namanya masih belum diketahui.
Nah, ini baru Sarah. Umurnya sudah dua tahun.
Nah, ini baru Sarah. Umurnya sudah dua tahun.

Masih banyak sebenarnya kejadian selama Januari 2014 yang belum diceritakan di sini. Tapi sepertinya cukup itu saja yang diceritakan, hehe..

Terima kasih sudah mau repot-repot berkunjung di blog ini.. 😀

Iklan

4 pemikiran pada “Jurnal Januari 2014

    1. Makasih Mas..
      Sebenarnya ada yang menyedihkan juga di Januari 2014 ini. Teman saya (Mulyadi) kehilangan ayahnya (meninggal dunia, red.) bertepatan dengan keberangkatan beliau ke Makasar untuk PKLP pada 25 Januari kemarin. Sehingga selain menggagalkan penerbangan, beliau harus menyusul ke Makasar lagi nantinya. Inna lillahi wa inna ilahi roji’un. Semoga ayah beliau diterima di sisi-Nya, aamiin..

      Suka

Silahkan tulis pesan dan kesanmu di sini.. :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s